Reputasi profesionalitas Anda sangatlah penting dalam kesuksesan karir
atau bisnis Anda, tapi terkadang ada hal-hal yang dapat merusak reputasi
tersebut. Bahkan mungkin Anda tidak menyadarinya padahal hal-hal
seperti ini cukup berharga untuk diperhatikan. Berikut 10 hal yang dapat
merusak karir Anda.
Baik dalam dunia nyata ataupun dunia kerja, berbohong bukanlah suatu
hal yang harus Anda lakukan. Berbohong adalah hal paling utama dan
paling mungkin dapat merusak karir Anda. Dunia kerja merupakan dunia
dimana kata-kata Anda adalah sebuah kontrak dan Anda harus dapat
bertanggung jawab untuk semua perkataan yang Anda keluarkan. Berbohong
dapat muncul dalam banyak bentuk, dimulai dari kebohongan kecil seperti
menutupi kesalahan hingga kebohongan besar seperti korupsi.
Ingatlah bahwa membangun kepercayaan itu tidak mudah dan membutuhkan
proses, tapi semua kepercayaan yang Anda bangun dapat hancur hanya
dengan 1 kebohongan.
Seperti yang telah dikatakan di poin nomor 1, Kredibilitas (kualitas
kepercayaan) Anda dibangun dengan menunjukkan bahwa Anda dapat menepati
apa yang Anda katakan. Tapi jika Anda melakukan hal yang sebaliknya,
seperti Anda mengatakan bahwa Anda akan mengirimkan laporan besok dan
lupa melakukannya, ini akan merusak kredibilitas Anda dan Anda dianggap
tidak dapat dipercaya.
Bahkan tidak tepat waktu saja dapat merusak kredibilitas Anda, Anda
akan dianggap orang yang suka mengulur waktu dan dalam dunia kerja
perkataan waktu adalah uang memang sangat benar. Jadi berhati-hatilah
dalam membuat sebuah komitmen, hanya buat komitmen yang memang dapat
Anda tepati.
Sebenarnya profesional adalah kata yang sangat relatif dan hanya
beberapa lingkup dalam profesional yang dapat benar-benar sama untuk
semua lingkungan kerja. Di lingkungan kerja dengan pakaian yang formal,
tentu Anda juga harus menggunakan pakaian yang formal. Tapi di
lingkungan kerja yang santai dan Anda boleh mengenakan apapun, jika Anda
menggunakan pakaian yang terlalu formal maka Anda akan dianggap
terlalu kaku dan mungkin diberikan label tidak mau beradaptasi.
Yang ingin disampaikan pada poin ini adalah ketahui mengenai lingkungan
kerja Anda dan ikutilah tingkat profesionalitas yang ada di lingkungan
kerja Anda. Dan ketahuilah aturan umum mengenai profesionalitas janji,
komitmen, dan perilaku. Jangan bekerja sebatas pekerjaan yang
diberikan ke Anda, pikirkanlah apalagi yang dapat Anda berikan ke
pekerjaan Anda.
Yang kita bicarakan di sini bukanlah marah ringan seperti menceramahi
orang, atau me-kritik orang secara ringan, melainkan sampai pada batas
kemarahan Anda ditunjukkan secara meledak-ledak dimulai dari caci maki
hingga kekerasan.
Frustasi dalam bekerja merupakan hal yang biasa, tetapi jika Anda sudah
melewati batas dimana Anda mulai berteriak, membanting pintu dan
seterusnya, maka hal tersebut benar-benar akan meruak karir Anda. Anda
akan diberikan label sebagai orang yang temperamen dan sangat cepat
marah, beberapa orang akan mulai merasa segan untuk bekerja dengan Anda,
dan label seperti ini sangatlah sulit untuk dilepaskan.
Social media dapat merusak karir Anda dalam banyak cara. Tweet atau
post status selagi Anda bekerja saja dapat memberikan Anda label sebagai
pemalas, apalagi jika isi dari status atau tweet Anda memag dapat
merusak karir Anda. Hal seperti ini sudah sering sekali terjadi, jika
Anda mencari di Internet maka banyak sekali kasus-kasus seperti ini yang
dapat Anda temukan. Bahkan foto saja terkadang dapat membuat Anda
dipecat.
Jika Anda memang tidak bisa menahan godaan tweet dan post status, maka
jangan masukkan rekan kerja atau bos Anda ke dalam lingkungan media
sosial Anda. Oleh karena alasan inilah ada linkedIn, yaitu media sosial
untuk kalangan profesional atau dunia kerja.
Sudah pengetahuan umum bahwa semakin baik Anda dalam sesuatu, maka akan
semakin sering Anda diminta untuk melakukannya. Tentu saja Anda tidak
perlu melakukan suatu pekerjaan yang tidak Anda sukai secara buruk
dengan sengaja, tapi Anda dapat membicarakan ke atasan Anda.
Melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai hanya akan memberikan beban
ke diri Anda sendiri, dimulai dari stres hingga Anda diberikan label
sebagai orang yang kerjanya setengah-setengah. Dalam mencari sebuah
pekerjaan carilah kerjaan yang memang Anda sukai, hal itu dapat membuat
karir Anda lebih baik dan naik lebih cepat, karena Anda melakukan hal
yang Anda senangi.
Kecuali Anda mempunyai alasan yang benar-benar sangat baik, keluar dari
pekerjaan Anda tanpa ada pemberitahuan dapat diibaratkan Anda membakar
satu-satunya jembatan yang mengubungkan Anda dengan orang yang
mempekerjakan Anda, bahkan terkadang juga menyangkut ke rekan kerja
Anda.
Ketahuilah bahwa jika Anda ingin berhenti kerja dari sebuah perusahaan
atau tempat kerja Anda, batas paling baik untuk memberitahukan hal ini
ke atasan Anda adalah 2 minggu sebelum pemberhentian Anda.
Menjadi bagian dari sebuah tim, apalagi jika tim itu memang berhasil,
maka dapat membuat diri Anda mendapatkan peluang karir yang baik. Tetapi
jika Anda selalu berpikir "melakukan semuanya sendiri" maka anda dapat
diberikan label bukan orang yang dapat bekerjasama.
Anda mungkin berpikir bahwa Anda dapat melakukan semuanya dan itu lebih
baik karena Anda yakin dengan kualitas kerja Anda, tetapi ketahuilah
bahwa Anda tidak akan dapat berhasil dalam karir Anda jika Anda tidak
bekerjasama dengan siapapun. Mungkin Anda memang dapat menyelesaikan
sebuah proyek dalam waktu 1 bulan, tetapi jika Anda bekerja bersama
sebuah tim yang baik maka Anda dapat menyelesaikan proyek tersebut dalam
waktu 1 minggu.
Tidak semua orang menyukai kegiatan sosial lingkungan kerja, baik itu
gathering ataupun makan bersama, tapi semakin tinggi jabatan Anda dalam
karir Anda, maka Anda akan sering diharapkan untuk hadir dalam
kegiatan-kegiatan sosial seperti ini.
Dalam beberapa perusahaan, sering melewatkan event-event sosial ini
dapat menandakan bahwa Anda tidak tertarik untuk membangun hubunan
antara rekan kerja Anda, dapat membuat Anda diberikan label anti-sosial
yang pad akhirnya memberhentikan perkembangan karir Anda. Setidaknya
jika Anda memang menyukai kegiatan ini, sesekali hadirilah kegiatan ini
daripada tidak pernah sama sekali.
Dalam dunia kerja, ada istilah nepotisme, yakni sebuah kejadian dimana
seseorang dipilih bukan karena kemampuannya melainkan relasinya seperti
ia adalah saudara dari si manager, anak si bos dan seterusnya.
Orang-orang yang menjadi subjek dari nepotisme ini terkadang tidak
dianggap oleh karyawan lainnya karena mereka menganggap orang-orang
seperti ini adalah orang yang 'curang' dan tidak menggunakan
kemampuannya sendiri.
Ketahuilah bahwa situasi seperti ini adalah situasi yang berbahaya,
jika Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda maka itu baik, tetapi jika
Anda mengalami satu kegagalan saja maka label seperti ini akan langsung
menempel ke diri Anda. Jika Anda mempunyai faktor pendukung yang kuat
seperti kuliah di universitas luar negeri ternama, prestasi mengagumkan
dan seterusnya, maka hal ini tidak perlu Anda kiprahi (cueki saja)
karena Anda punya bukti akan kemampuan diri Anda.
1 komentar:
PARA TOGELER,YANG INGIN ANGKA YANG BENAR-BENAR JITU DAN BISA MEMBAWA
ANDA DALAM SEBUAH KEBERUNTUNGAN,SILAHKAN SAJA HUB;
KI PANGANDARAN DI NO 085=319=486=059,KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,TRIMA KASIH....?
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos 4D/6D/8D
angka GHOIB; thailan
angka GHOIB; macau
angka ghoib; sidney
Posting Komentar